Minggu, 27 November 2016

Barang bekas dapat dirubah menjadi uang

Tags

Assalamualaikum Wr. Wb.
     Selamat Weekend semuanya, wah tidak terasa sudah hari minggu saja ya. Untuk para pelajar besok sudah mulai masuk sekolah nih ye.... sama sih saya juga besok masuk sekolah, ulangan malah. Baiklah pada kesempatan kali ini kira-kira saya akan membahas mengenai apa ya??? langsung saja yuk dibahas. Saya ingin bertanya sebelumnya, kira-kira barang bekas bisa dapat menghasilkan uang ga sih??? sebagian orang pasti berpendapat bahwa barang bekas itu tidak berguna lagi sehingga mereka lebih suka untuk membuangnya dibandingkan menyimpannya lain hal dengan orang yang memiliki daya cipta atau kreativitas, ditangan orang ini barang bekas mungkin bisa menghasilkan uang. Mengapa demikian??? sebelum membahas lebih lanjut alangkah baiknya kita harus tau apa sih daya cipta atau kreativitas itu? dan apa sih sebenarnya barang bekas itu?

A. Daya Cipta atau Kreativitas 
     Daya cipta atau kreativitas adalah proses mental yang melibatkan pemunculan gagasan atau anggitan (concept) baru, atau hubungan baru antara gagasan dan anggitan yang sudah ada.
Dari sudut pandang keilmuan, hasil dari pemikiran berdayacipta (creative thinking) (kadang disebut pemikiran bercabang) biasanya dianggap memiliki keaslian dan kepantasan. Sebagai alternatif, konsepsi sehari-hari dari daya cipta adalah tindakan membuat sesuatu yang baru.
Daya cipta pada masa kini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor: keturunan dan lingkungan. (Wikipedia)
     kreativitas adalah kemampuan individu untuk mencipta sesuatu baik yang bersifat baru maupun yang kombinasi, berbeda, unik tergantung dari pengalaman yang diperoleh berbentuk imajinasi yang menjurus prestasi dan dapat memecahkan masalah secara nyata untuk mempertahankan cara berpikir yang asli, kritis, serta mengembangkan sebaik mungkin untuk menciptakan hubungan antara diri individu dan lingkungannya dengan baik.
B. Barang Bekas 
     Barang bekas itu apa sih? menurut saya sendiri barang bekas itu adalah barang yang sudah tidak bisa dipakai lagi atau sudah tidak dipergunakan lagi oleh pemilik barang tersebut. Lantas pantaskah barang tersebut dibuang begitu saja? tentu saja tidak, tidak semua barang bekas tidak dapat digunakan lagi karena barang bekas bukan hanya barang yang sudah rusak dan tidak dapat digunakan lagi melainkan ada barang yang pemiliknya sudah bosan menggunakannya sehingga barang tersebut tidak terpakai lagi. Lalu adakah barang bekas yang masih bermanfaat? apa sih contoh barangnya?
Barang bekas yang masih dapat digunakan, yaitu:

  1. koran,
  2. botol minuman,
  3. kaleng-kaleng biskuit,
  4. stik ice-cream, dsb. 
     Nah diatas adalah contoh barang bekas yang sekiranya masih bermanfaat. Mengapa demikian?
Barang-barang di atas merupakan barang bekas yang masih dapat kita manfaatkan menjadi suatu barang yang memiliki nilai seni maupun nilai jual. Karena apabila kita dapat memanfaatkan barang bekas dengan baik, bisa saja barang yang tadinya bekas dan sudah tidak terpakai berubah menjadi barang baru yang unik dan memiliki daya jual. Kita hanya perlu memiliki sifat kreatif dalam diri kita supaya dapat mengubah barang bekas tersebut menjadi suatu kerajinan. Kerajinan dari barang bekas biasanya memiliki nilai keunikan tersendiri. Apa saja sih barang yang dapat dibuat dari barang bekas? contohnya adalah tempat pensil, pot bunga, tempat sampah, kap lampu, hiasan, mainan, dsb. Kira-kira langkah pembuatannya sulit ga sih? sebenarnya sih tidak terlalu sulit, saya akan memberikan satu contoh langkah pembuatan tempat pensil dari koran bekas. Berikut adalah alat dan bahan yang diperlukan dan langkah-langkahnya.

     Alat dan Bahan : 
  1. kaleng bekas
  2. koran
  3. lem
  4. gunting 
  5. pensil
  6. hiasan
     Langkah-langkah:
  1. Siapkan kaleng bekas yang akan digunakan menjadi dasar tempat pensil
  2. Potong koran sesuai dengan ukuran yang diperlukan
  3. Gulu koran dengan menunggunakan pensil seperlunya
  4. Tempelkan koran yang sudah digulung tadi di badan kaleng
  5. Gunting dan rapikan koran pada kaleng
  6. Berilah hiasan pada tempat pensil tersebut
  7. Tempat pensil siap digunakan
     Mudah bukan?? membuat suatu kerjainan dari barang bekas yang memiliki daya jual tidak sesulit yang kita bayangkan, bahkan sangat mudah untuk dilakukan. Semua kerajinan dari barang bekas pastinya dapat kita jual secara langsung maupun secara online, karena pasti banyak orang yang tertarik untuk membeli kerajinan ini. Hal ini dikarenakan meskipun mereka mampu untuk membuat kerajinan ini, mereka masih merasa malas untuk melakukannya. 
     Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan semoga dapat bermanfaat, saya meminta maaf apabila terdapat kesalahan dari artikel yang saya buat ini. Terima kasih sudah membaca sampai ketemu lagi.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Sumber :
https://id.wikipedia.org/wiki/Daya_cipta
http://kerajinaniat.blogspot.co.id/2016/08/cara-membuat-tempat-pensil-dari-koran.html
http://www.landasanteori.com/2015/09/pengertian-kreativitas-definisi-aspek.html


EmoticonEmoticon