Minggu, 27 November 2016

Hobby yang dapat menghasilkan

Tags

Assalamualaikum Wr. Wb.
     Malam sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai hobby yang dapat menghasilkan uang. Apa saja sih kira-kira hobby tersebut? mari kita bahas. Sobat sekalian pasti punya hobby dong, dari futsal, basket, bulutangkis, menari, menyanyi, bermain komputer, menggambar, membaca, dan lain sebagainya. Kira-kira kalian sadar ga sih dari hobby kalian tersebut ternyata dapat menghasilkan uang? yang sekiranya belum sadar coba deh kalian simak pendapat saya berikut ini.


     Dari sekian banyak hobby yang ada didunia ini, mungkin sebagiannya dapat menghasilkan uang. Kira-kira dengan cara apa ya kok bisa sih menghasilkan uang? tentunya dengan cara berwirausaha. Wirausaha itu sendiri adalah Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian wirausaha sama dengan wiraswasta, yaitu orang yang pandai atau berbakat mengenali produk baru, menentukan cara produksi baru, menyusun operasi untuk pengadaan produk baru, memasarkannya, serta mengatur permodalan operasinya. Nah apa saja sih hobby-hobby tersebut saya akan berikan beberapa contoh hobby yang dapat menghasilkan uang, diantaranya adalah:

     1. Menggambar
Menggambar (Inggris: drawing) adalah kegiatan kegiatan membentuk imaji, dengan menggunakan banyak pilihan teknik dan alat. Bisa pula berarti membuat tanda-tanda tertentu di atas permukaan dengan mengolah goresan dari alat gambar. (Wikipedia) Menggambar merupakan hobby yang mudah dilakukan. Ternyata hobby ini dapat menghasilkan uang loh, caranya gimana sih? Caranya itu dengan menawarkan hasil gambar kita kepada orang lain contohnya, seorang pelukis pasti akan menjual gambarnya disaat ia membutuhkan uang.
     2. Bermain Komputer
Bermain komputer merupakan hobby yang banyak digemari anak zaman sekarang, untuk apa mereka bermain komputer? ya paling tidak jauh-jauh dari bermain game walaupun tidak semua orang yang hobby bermain komputer hanya untuk bermain game. Mengapa hobby ini dapat menghasilkan uang? bagi seseorang yang benar-benar mengerti atau ahli dalam komputer mereka pasti memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk usaha. Kira-kira gimana sih caranya menghasilkan uang dari hobby ini? Caranya sebetulnya sangat banyak salah satunya adalah dengan cara membuat game lalu menjualnya atau bisa dengan cara membuat suatu logo dan menjualnya.
     3. Menulis
Menulis adalah suatu kegiatan untuk menciptakan suatu catatan atau informasi pada suatu media dengan menggunakan aksara. Menulis biasa dilakukan pada kertas dengan menggunakan alat-alat seperti pena atau pensil. Kegiatan menulis berkembang pesat sejak diciptakannya teknik percetakan, yang menyebabkan orang makin giat menulis karena karya mereka mudah diterbitkan.(Wikipedia) Mengapa hobby ini dikata dapat menghasilkan uang? Dan bagaimana caranya? Dengan menulis berarti kita dapat menghasilkan suatu karya, suatu karya biasanya memiliki nilai seni maupun niali jual. Misalnya kita membuat suatu karya tulis ambil saja novel, apabila novel yang sudah kita tulis kita ajukan kepada penerbit-penerbit buku dan mereka setuju untuk menerbitkan novel tersebut dan terjual banyak dipasaran. Apakah uang hasil penjualan novel kita tersebut 100% untuk penerbit? tentunya saja tidak sebagian uang tersebut adalah milik kita dengan demikian hobby menulis terbukti dapat menghasilkan uang.


Nah dari beberapa contoh diatas kira-kira sobat sekalian sudah sadar belum kalau ternyata hobby kalian dapat menghasilkan uang. Kalau sudah cobalah untuk memanfaatkan hobby kalian tersebut dengan bijak. Bagi kalian yang hobbynya tidak saya paparkan bukan berarti hobby kalian tidak bermanfaat, hobby-hobby diatas hanyalah contoh saja sedangkan masih banyak hobby yang dapat menghasilkan uang kok.

Mungkin sekian saja info dari saya kali ini kurang lebihnya saya mohon maaf, Terimakasih sudah membaca :) :) :)
Wassalamualaikum Wr. Wb.


EmoticonEmoticon