Minggu, 27 November 2016

Usaha agen beras

Tags

Assalamualaikum Wr. Wb.

Selamat malam semua

Untuk semua yang lagi pada bingung mau usaha apa saya ada saran nih buat kalian, kira-kira apa ya saran saya? langsung aja ya saya bahas. Saya ingin menyarankan kepada kalian usaha agen beras. Mengapa harus beras? karena beras stoknya lebih cepat habis dibandingkan bahan makanan lain sebab setiap hari kita mengkonsumsi nasi yang berasal dari beras. Sebelumnya kalian sudah tau belum beras itu apa? kira-kira ada beras apa saja ya?

Beras adalah bagian bulir padi (gabah) yang telah dipisah dari sekam. Sekam (Jawa merang) secara anatomi disebut 'palea' (bagian yang ditutupi) dan 'lemma' (bagian yang menutupi). Pada salah satu tahap pemrosesan hasil panen padi, gabah ditumbuk dengan lesung atau digiling sehingga bagian luarnya (kulit gabah) terlepas dari isinya. Bagian isi inilah, yang berwarna putih, kemerahan, ungu, atau bahkan hitam, yang disebut beras. Beras umumnya tumbuh sebagai tanaman tahunan. Tanaman padi dapat tumbuh hingga setinggi 1 - 1,8 m. Daunnya panjang dan ramping dengan panjang 50 – 100 cm dan lebar 2 - 2,5 cm. Beras yang dapat dimakan berukuran panjang 5 – 12 mm dan tebal 2 – 3 mm. Beras dari padi ketan disebut ketan. (Wikipedia)

Ada berapa banyak macam beras sih sebenernya??
Warna beras yang berbeda-beda diatur secara genetik, akibat perbedaan gen yang mengatur warna aleuron, warna endospermia, dan komposisi pati pada endospermia.
Beras putih, sesuai namanya, berwarna putih agak transparan karena hanya memiliki sedikit aleuron, dan kandungan amilosa umumnya sekitar 20%. Beras ini mendominasi pasar beras.
Beras merah, akibat aleuronnya mengandung gen yang memproduksi antosianin yang merupakan sumber warna merah atau ungu.
Beras hitam, sangat langka, disebabkan aleuron dan endospermia memproduksi antosianin dengan intensitas tinggi sehingga berwarna ungu pekat mendekati hitam.
Ketan (atau beras ketan), berwarna putih, tidak transparan, seluruh atau hampir seluruh patinya merupakan amilopektin.
Ketan hitam, merupakan versi ketan dari beras hitam.

Setelah mengetahui apa sih beras itu, dan macam-macamnya saya ada beberapa tips nih untuk kalian yang ingin usaha agen beras. Berikut adalah tips dalam menjalankan usaha agen beras.

1. Mengetahui jenis-jenis beras
     Sebelum memulai usaha agen beras alangkah baiknya kita mengetahui jenis-jenis beras terlebih dahulu. Karena sangat banyak jenis-jenis diantaranya adalah Bramo, Pandan Wangi, Rojolele, dsb. Kita sebagai penjual harus mampu menjelaskan perbedaan jenis-jenis beras tersebut, dari sifat, kelebihan, kekurangan, hingga hasil tanakannya.
2. Mencari pasokan beras
      Kita dapat mencari pasokan beras dari agen lain yang lebih besar, atau dapat mengambil beras langsung dari petani atau tempat penggilingan. Jika anda ingin keuntungan yang besar saran saya anda mengambil pasokan beras langsung dari petani atau tempat penggilingan.
3. Memperhatikan kualitas
     Kualitas beras perlu kita perhatikan, mengapa demikian? Karena semakin bagus kualitas beras nilai jual beras akan semakin tinggi. Itulah mengapa pada tips yang pertama kita diharuskan untuk mengetahui jenis-jenis beras.
4. Lokasi kios
     Lokasi merupakan kunci yang penting dalam melakukan usaha, semakin strategis lokasi yang kita punya semakin besar pula peluang yang kita punya. Namun salam memilih lokasi kita perlu memperhatikan apakah dilokasi tersebut sudah ada agen beras atau belum, kalau sudah peluang yang kita dapat mungkin akan menurun karena adanya saingan.
5. Promosi
     Dalam menjalankan suatu usaha kita memerlukan yang namanya promosi, untuk mempromosikan usaha kita dapat memasang spanduk jenis-jenis beras yang kita jual, atau memajang jenis-jenis beras tersebut diwadah yang berbeda dalam keadaan rapi dan bersih. Dengan demikian para pembeli akan tertarik untuk membeli.

Diatas adalah beberapa tips dalam menjalankan usaha agen beras, apabila terdapat kesalah dalam pembuatan artikel ini saya mohon maaf karena saya hanya seorang pelajar yang masih perlu belajar banyak. Terima kasih sudah membacaπŸ˜ƒπŸ˜ƒπŸ˜ƒ

Wassalamualaikum Wr. Wb.


Sumber :
http://remotbisnis.com/cara-mudah-memulai-bisnis-beras-murah-yang-menguntungkan/
https://id.wikipedia.org/wiki/Beras


EmoticonEmoticon